Minggu, 24 April 2011

Situs SOUR SALLY vs HEAVENLY BLUSH

Ketika menyebut nama Frozen Yoghurt tentunya nama Sour Sally dan Heavenly Blush tidaklah asing di telinga kita, bahkan di Mall-mall di Jakarta pun telah banjir outlet-outlet frozen yoghurt tentunya dengan tampilan outlet yang sangat menarik dan 'eye catching'. Namun yang ingin saya bahas disini bukanlah tampilan outletnya, melainkan tampilan website antara SOUR SALLY dan HEAVENLY BLUSH.

Yoghurt adalah makanan yang dibuat dari hasil fermentasi susu, saat ini yoghurt menjadi trend life style khususnya masyarakat perkotaan. Selain alasan kesehatan juga merupakan alasan rasa yang semakin bervariasi. Frozen Yoghurt sendiri tidak memiliki kandungan lemak 'fat' sehingga dipercaya berfungsi untuk menjaga keseimbangan kelancaran pencernaan serta mengandung bakteri baik berupa Lactobacillus Bulgarius yang meningkatkan kelembaban kulit, menurunkan tingkat kolestrol dan mencegah jantung koroner. 

Oleh karena itu hadirlah produk SOUR SALLY dan HEAVENLY BLUSH dalam bisnis Frozen Yoghurt.
Berikut adalah logo dari Sour Sally


Berikut adalah logo Heavenly Blush


Dari tampilan logo, kita dapat melihat perbedaan antara kedua produk ini, Sour Sally didesain se-remaja mungkin sehingga para anak-anak dan remaja tertarik kepada produk ini. Berbeda dengan logo Heavenly Blush yang terkesan 'wanita' dan 'dewasa'. Begitupula dari tampilan pada website, ketika kita masuk ke situs http://www.hellosoursally.com/ kita akan disambut dengan suara-suara lucu dan tampilan yang tak kalah lucunya. Berikut capture screen ketika kita masuk ke situs tersebut.



Sally akan menyambut anda dengan balon hijaunya yang bisa membuatnya terbang ke pilihan menu-menu yang ingin anda ketahui, setelah anda memilih menu yang dipilih, tinggal klik pada balon hijau Sally, dan Sally akan jatuh ke gelas yang ada tulisan menunya, sehingga layar anda akan langsung tampil penjelasan mengenai menu tersebut. 


Selain itu, anda juga dapat melihat menu keseluruhan dari situs ini di sebelah kanan tengah, yaitu terdiri dari 
 1. Who is Sour Sally?
2. Premium Frozen Yoghurt
3. Shaved Ice Escapade
4. Smoothie goodies
5. Yummy Goodness
6. where is Sour Sally?
7. Hello Sour Sally!

Tampilan website SourSally dengan kesan menyapa dan website yang tampilannya sangat informatif serta menarik ini pernah memenangkan pwnghargaan FWA site of the month, yaitu penghargaan yang diberikan  kepada program-program internet secara internasional. Hal ini tentunya sesuai dengan usaha sour Sally dalam membentuk image menarik yang terlihat sari websitenya.


Setelah melihat menariknya situs Sour Sally, saatnya kita masuk ke situs Heavenly Blush yaitu http://www.heavenlyblush.com kita akan mendapati tampilan yang lebih sederhana seperti terlihat pada gambar berikut : 


Tampilan Heavenly Blush sangat sederhana jika dibandingkan dengan situs Sour Sally, terdiri dari pilihan menu berikut :
1. Menu
2. Nutrition
3. Stores
4. HB Blog
5. About
6. HB Services
7. Community and Event
8. Press
9. Fun Stuff
10. Careers
11. Contact Us

Pilihan menu pun terlihat lebih dewasa, sesuai dengan main product mereka, Heavenly Blush lebih menitikberatkan pada pentingnya kesehatan dan bagaimana produk mereka dapat berguna untuk target marketnya yang sebagian besar adalah kaum wanita dalam menjaga bentuk tubuhnya. 



Perbedaan dari website Sour Sally dan Heavenly Blush adalah  : 

No
Berdasarkan
Sour Sally
Heavenly Blush
1
Nama Web
Kesan ramah (hello).
Simpel sesuai nama produk (heavenly blush).
2
Design Web
Menarik dan artistik disertai dengan lagu serta adanya karakter sally yang bergerak sesuai keinginan pengguna.
Sederhana dan Jelas terlihat dari Informasi lengkap dari produk sampai lokasi.
3
Penghargaan
FWA (design yang menarik membuat web ini menjadi favorit).
Belum ada penghargaan secara khusus. 
4
Informasi
Indirect (user harus mengeksplore lebih lanjut dengan menggerakkan kursor).
Direct (informasi langsung dapat dicerna berdasarkan pilihan menu).
5
Keunggulan
Menarik dan membuat user tergoda untuk mengeksplore lebih lanjut.
Sederhana dan mudah dicerna serta menyediakan fasilitas bagi user untuk langsung membagikan info tersebut melalui jaringan sosial
6
Kelemahan
Kurang dapat dieksplore oleh orang yang gaptek atau tidak internet friendly. 
Situs terstandarisasi tidak terlalu menarik.


Berikut capture screen dari web Heavenly Blush yang menyediakan keunggulan untuk membagikan informasi tersebut melalui jaringan sosial :


Persamaan website Sour Sally dan Heavenly Blush adalah :
1. Sama-sama memasukkan informasi yang perlu diketahui oleh penggunanya ke dalam website, terlihat dari pilihan menu yang lengkap sehingga mempertegas ciri khas produk.
2. Sama-sama menggunakan Bahasa Inggris
3. Sama-sama menggunakan nama produk di dalam nama website









2 komentar:

  1. Setahu saya saursally product brand dari luar negri,sedangkan Heavenly Blush Brand Asli dari Indonesia lho.. cuma namanya saja yang pake nama bhs inggris,..So I Love Product Indonesia ^_^

    BalasHapus
  2. jadi sering dan suka minum yoghurt nicch... karena sudah tau Manfaat Yoghurt, Yoghurt memang banyak khasiat dan manfaatnya ya :)

    BalasHapus