1. Private Stores on Seller's Site (One Seller, Many Buyer)
Marketplace ini terdiri dari satu penjual dan banyak pembeli, dimana produk yang dijual tidak terlalu banyak dan harga yang ditawarkan biasanya tetap. Untuk Private stores biasanya memiliki proteksi password jika seseorang akan memasuki websitenya serta menawarkan negoisasi harga untuk produk yang dibeli dengan minimum kuantitas.Contoh situs ini di Indonesia adalah Axioo Indonesia dengan link http://www.axiooworld.com/region/index.php/. Dalam website ini terdapat informasi mengenai produk-produk yang dikeluarkan oleh Axioo, khususnya produk yang dijual di Indonesia. Buyer dari website ini umumnya adalah para penjual yang menjual kembali kepada end user. dalam web ini juga ditampilkan alamat untuk masing-masing agen di daerah. Berikut capture screen untuk situs Axioo di Indonesia:
2. Customer Portal (Few Seller, Many Buyer)
Marketplace ini terdiri dari sedikit penjual dan banyak pembeli, dimana produk yang ditawarkan melalui katalog dengan harga yang sudah fixed. Website ini pada umumnya menawarkan layanan jasa seperti referensi, petunjuk penggunaan, informasi keamanan,dll. Contoh website ini di Indonesia adalah http://www.bhinneka.com/ serta http://www.tokopda.com/. Kedua website ini termasuk dalam karakteristik b2b karena pembeli di bhinneka dan tokopda dapat merupakan toko-toko di daerah yang menjual kembali produknya pada end user. walaupun end user sendiri juga dapat membeli barang dari website ini.
Berikut capture screen dari customer portal tersebut :
Capture screen website Bhinneka
Capture Screen Website Tokopda
3. Independent Industry Marketplaces (Many Seller, Many Buyer)
Marketplace ini terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli, dimana pada dasarnya menawarkan auctions dan harga yang dinamis. Website ini menjual hampir semua barang komoditas seperti alat-alat musik, buku, fashion, game, handphone sampai mobil.Di Indonesia, contoh website ini adalah http://www.tokobagus.com/ dan http://www.forumjualbeli.net/ Kedua website ini memenuhi karakteristik sebagai website b2b karena pembeli dari website ini umumnya adalah sesama penjual yang dapat menjual kembali produknya ke end user.
Berikut adalah capture screen dari website tersebut
Capture screen untuk tokobagus:
Capture Screen untuk forumjualbeli:
4. Consortia-sponsored Marketplaces (Few Buyer,Many Seller)
Marketplace ini memiliki sedikit pembeli dan banyak penjual, dimana pembeli memiliki kendali dalam mengontrol transaksi serta harga yang ada dalam marketplace ini adalah harga tetap. Website di Indonesia untuk marketplace ini adalah www.pamjaki.org yaitu website untuk konsorsium ahli manajemen jaminan dan asuransi kesehatan indonesia dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia profesional bidang asuransi kesehatan yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan manajemen asuransi kesehatan serta mampu mengamalkan keahliannya secara profesional ,selain itu www.konsorsiumfarma.com. Website ini merupakan konsorsium dari para perusahaan farmasi di Indonesia yang menawarkan jasa kepada para penggunanya yaitu apotik atau toko-toko obat dalam memperoleh obat-obatan. Berikut capture screen untuk website konsorsium farma
Capture screen dari konsorsium pamjaki
5. Private Company Marketplaces (One Buyer, Many Seller)
Marketplace yang memiliki satu pembeli dan banyak penjual, dimana penjual memiliki kesempatan untuk memberi penawaran pada pembeli tertentu. Salah satu contoh website ini di Indonesia yaitu pada PT.Garuda Indonesia yang menggunakan website sebagai sistem e-procurementnya. Alamat website ini adalah http://eproc.garuda-indonesia.com/guest/index.php
Sistem ini terbagi dalam 2 modul besar yaitu : Modul Manajemen Proses dan Modeul Manajemen Pemasok, sedangkan untuk proses pelelangan, perusahaan menggunakan modul e-auction yang disediakan oleh pihak ketiga. Buyer dalam website ini adalah PT.Garuda Indonesia, sedangkan untuk Seller adalah para supplier. Oleh karena itu situs e-procurement Garuda Indonesia ini memenuhi syarat sebagai Private Company Marketplaces.
Selain itu, ada pula situs e-procurement untuk PERTAMINA Indonesia. http://eproc.pertamina.com. Serupa dengan situs yang dimiliki Garuda Indonesia, situs ini juga memberikan kesempatan untuk peserta lelang (seller) dalam menawarkan jasa kepada PERTAMINA (buyer). Berikut Capture Screen untuk Garuda:
Capture Screen untuk PERTAMINA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar