Sabtu, 23 April 2011

'CONNECTING US' sebagai sarana penerimaan baru dengan sistem 'FEE FOR SERVICE'


Membicarakan mengenai kemungkinan sistem bisnis dengan sistem revenue fee-for-service model yang dapat digunakan di Indonesia serta menggunakan sarana ponsel berupa smartphone atau PDA. Saya memiliki gambaran untuk bisnis dengan sistem seperti ini yang dikembangkan seperti adanya game online, dimana user harus membeli voucher untuk login, dan inilah yang dijadikan pendapatan bagi perusahaan game-online tersebut. Sistem bisnis yang saya pikirkan berlabel 'Connecting Us' yaitu sarana untuk membentuk komunitas baru bagi para pengguna smartphones atau PDA.  Tentunya untuk dapat bergabung dalam komunitas ini, si pemilik smartphones atau PDA perlu membeli 'sign in voucher' yang tersedia ditempat-tempat tertentu. Harga dari sign in voucher ini tergantung dari seberapa lama user mau terkoneksi ke dalam komunitas tersebut. Bandrol harga dapat ditentukan berdasarkan lama keinginan user untuk stay di wadah komunitas yang dinamakan 'Connecting World'. Nilai voucher ditentukan berdasarkan waktu yaitu 1 minggu, 2 minggu, 3 minggu, atau 4 minggu. Hampir serupa dengan layanan langganan blackberry yang terbagi berdasarkan waktu.

Setiap user yang telah membeli voucher dapat masuk ke Connecting World dan mengisi data-data mereka. Berbeda dari jaringan sosial yang telah ada saat ini, Connecting world memiliki kelebihan untuk langsung mengklasifikasikan user dalam wadah tersendiri sesuai dengan hobi dan interest mereka. Dalam Connecting world menargetkan user dengan umur remaja-dewasa. Di dalamnya terdapat bola-bola dunia dengan nama tersendiri. Untuk peluncuran perdana, akan diluncurkan 5 homebase utama berupa boladunia dengan perbedaan jenis kelamin, dimana terdapat : 
1. WorldBall for Men
2. WorldBall for Women
3. WorldBall for Girls
4. WorldBall for Boys
5. Universal WorldBall

Setiap user akan mendapatkan 'home' di Worldball yang sesuai dengan klasifikasi mereka, dan dapat bertemu di Universall Worldball untuk saling berinteraksi. Di Dalam universall worldball terdapat banyak 'booth' yang dapat digunakan untuk para user dalam berinteraksi. Antara lain :
1. School Friends : terbagi lagi menjadi nama-nama sekolah yang terdaftar dalam data user dan kemudian secara otomatis akan menghubungkan user dengan sesama user dari sekolah yang sama. 
2. Company Friends :terbagi lagi menjadi nama-nama perusahaan yang terdaftar dalam data user dan kemudian secara otomatis akan menghubungkan user dengan sesama user dari sekolah yang sama,
3. Neighboor : secara otomatis mengkoneksikan data user dengan lokasi tempat tinggal yang berdekatan.
4. Foreigner : komunitas bebas dimana setiap user bebas bertemu dan berkenalan dengan user yang stay di booth ini.
5. Findtruefriends : Booth yang disediakan untuk user yang ingin mencari teman sejati
6. Findtruelove : Booth yang disediakan untuk user yang ingin mencari cinta sejati
7. Community : Terbagi menjadi berbagai macam hobi dan interest sesuai data para user.
8. Trading : Komunitas para penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi.

Bedanya, dari situs-situs penyedia sarana berkomunikasi lainnya yang memberikan fasilitas secara free, di Connecting Us, data para user terjamin kerahasiaannya, dan para user dapat mengatur mengenai kebutuhan mereka. Catatan kegiatan para user akan terekam dalam database yang bisa dilihat dalam homebase mereka masing-masing. Selain itu,penyedia layanan yaitu PT.Connecting Us Indonesia memberikan sarana komunitas untuk bertemu secara fisik di Lounge Connecting Us yang berlokasi di pusat Jakarta. Sehingga, setiap user yang merupakan anggota dari Connecting Us memiliki WorldBall Card, sejenis kartu anggota.  Kartu inilah yang menjadi passcard dalam event-event yang diselenggarakan oleh penyedia layanan. Event-event yang dibentuk dapat berupa :
1. Sale Branded Product, dimana penyedia layanan bekerjasama dengan para perusahaan penyedia branded products untuk memberikan previellege bagi para membernya.
2. Community Gathering, dimana penyedia layanan mengadakan gathering untuk para usernya, contoh untuk worldball 'Findtruelove' penyedia layanan akan mengadakan acara bertemakan cinta sebagai saran bertemu langsung bagi user yang telah berkenalan di dalam Connecting Us.
3. Event-event lainnya

Sesuai dengan trend yang berkembang saat ini, dimana masyarakat Indonesia sangat tertarik dengan adanya jaringan sosial dan hal-hal baru, maka hadirnya Connecting Us akan menciptakan peluang usaha yang baru di dunia smartphones dan PDA. Selain dapat digunakan dari ponsel, user juga dapat mengakses melalui jaringan internet di rumah ataupun melalui wi-fi. Asalkan telah menginstall aplikasi yang sesuai dengan kecocokan device.

Target market dari Connecting Us adalah para remaja, dewasa ataupun semua pihak yang dapat menemukan komunitas dalam Connecting Us. Biaya 'sign in' voucher tidak terlalu mahal namun manfaat yang didapat sangatlah banyak, selain dari keikutssertaan sebagai anggota, mendapatkan komunitas baru, serta peluang-peluang mengikuti event yang diselenggarakan pihak penyedia layanan. Sign in voucher juga mudah didapatkan dimana saja, selain di ATM, juga tersedia di retailer penyedia pulsa. 

Jadi, segera bergabung di CONNECTING US INDONESIA karena sarana ini akan menjadi trend baru dalam wadah komunitas masyarakat khususnya masyarakat Indonesia yang semakin haus akan hal-hal baru yang berkaitan dengan jaringan sosial.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar