Cerita ini berawal dari Nissan Motor yang menjual brand name mobilnya ‘DATSUN’ di United states. Pada tahun 1980, nama DATSUN berganti menjadi Nissan. Namun, pihak Nissan Motor tidak meregister pada domain Nissan.com. Pada masa itu, bukan hanya Nissan yang lebih awal melupakan peluang untuk mendaftarkan merek perusahaan pada domain name. General Motor mendaftarkan domain gm.com bukan generalmotors.com sampai akhirnya mereka harus membeli domain generalmotors.com dari Gil Vanoder yang telah mendaftarkan domain generalmotors.com di tahun 1997. Situsnya berisi fitur-fitur cigar smoking, karakter kartun menggunakan seragam dengan nama “General John C.Motors”.
Tahun 1991, Uzi Nissan membentuk Nissan Computer Corporation yang menjual komputer hardware dan jasa konsultan dan pada tahun 1994 mereka mendaftarkan domain Nissan.com serta pada tahun 1996 mendaftarkan domain Nissan.net serta memulai menawarkan jasa ISP pada individu dan perusahaan di website tersebut. Tahun 1995, Nissan Motor mengutarakan niatnya untuk menggunakan nissan.com, namun Nissan Computer tidak mau ada kebingungan pada konsumen mereka mengenai line bisnis dari Nissan.com. Nissan computer tidak menanggapi apa yang diutarakan Nissan Motor dan menganggap issue ini telah usai.
Namun pada tahun 2000, Nissan motor menuntut Nissan komputer melalui U.S Anti cyber squatting consumer protection act sebesar $10 million dan exclusive right untuk menggunakan nissan.com dan nissan.net.Nissan Motor beranggapan bahwa mereka adalah brand yang telah dikenal luas. Nissan Computer sendiri tidak mau menjual pada harga berapapun kepada Nissan Motor. Hal ii berlangsung sampai pada tahun 2002, California Superior Court & U.S Ninth Circuit district court mengeluarkan keputusan.Pengadilan memberikan keputusan bahwa Nissan Computer tidak bisa menggunakan domain name untuk urusan komersial karena akan menimbulkan kebingungan bagi konsumen dan Nissan Komputer harus mencari nama domain yang lain. Pengadilan juga tidak memberikan domain tersebut pada Nissan Motor. The online companion mencakup link ke website yang dioperasikan oleh Nissan Komputer dan Nissan Motor. Tahun 2005, Pengadilan U.S menolak pendekatan yang dilakukan Nissan Motor.
Case Update :
2007, Nissan motor’s motion to strike jury Demand, The Court denied request for permanent injuctions and found Nissan Computer didnot dilute NMC’s mark.
Jan 2008, Nissan Motor’s motion for Attorney’s fee
Feb 2008, Court ordered Nissan Motor Company to pay $ 58000 as cost under rule 68
March 2008, Nissan Motor attempting to obtain a Federal trademark Registration for computers goods and services.
Question and Answer :
1. Sebagai bisnis advisor kepada pengadilan yang mendengar kasus Nissan Motor versus Nissan Komputer, Jelaskan mengapa Nissan Motor sangat concerned mengenai penggunaan dari dua domain name dan bagaimana kerugian material sebesar $10 juta dapat diperkenankan.
Kerugian material sebesar $10 juta dapat dibenarkan karena :
1. Nissan Computer tidak merespon surat yang dikirim Nissan Motor dalam hal ini dianggap Nissan Computer tidak memiliki itikad baik.
2. Nama Besar dan Reputasi Nissan Computer dapat dikuntit, Nissan tidak mau konsumennya bingung mengenai produk line dari Nissan Motor
3. Nissan Motor tidak mau Nissan Computer mengeksploitasi merek mereka untuk bisnis yang bukan dari Nissan Motor sendiri.
4. Seiring dengan semakin majunya pertumbuhan teknologi internet tentunya muncul kekhawatiran Nissan motor untuk dapat mengcover kebutuhan informasi konsumennya melalui web.
5. Dari hasil survei, konsumen akan mengetik nissan ataupun nissan.com jika ingin mencari informasi mengenai mobil Nissan, berikut hasil dari survei tersebut.
2. Beri Tanggapan mengenai etika dari posisi Uzi Nissandalam kasus ini yang memiliki persepsi sendiri dan tidak memperdulikan suratdari Nissan Motor.
Pada tahun 1991, sebelum membentuk Nissan Komputer dan kemudian membeli domain name Nissan.com dan Nissan.net di tahun 1996, sebaiknya Uzi mempertimbangkan bahwa pada tahun 1980 telah ada nama NIssan sebagai perusahaan di bidang otomotif. Ada sua sisi cara pandang dari hal ini.
Sisi pertama, dimana Uzi Nissan benar-benar tidak mengetahui adanya perusahaan otomotif tersebut dan memang bermaksud menggunakan domain name tersebut sebagai web di perusahaan yang dimilikinya.
Sisi kedua, dimana Uzi Nissan bermaksud melakukan cybersquatting dengan maksud memperoleh keuntungan dari penjualan domain name yang diprediksikan nantinya akan diminati oleh NIssan Motor.
Namun berdasarkan cerita bahwa Uzi Nissa bahkan tidak mau menjual dengan harga berapapun, maka dapat disimpulkan bahwa ia memang berniat untuk mempromosikan produk komputernya melalui domain name yang dibelinya tersebut.Pembelaan dari Uzi Nissan dapat dibaca pada link berikut http://www.digest.com/Big_Story.php
3. Beri tanggapan mengenai etika yang diambil Nissan Motor Company dalam memaksa Nissan Komputer untuk menyerahkan domain Nissan.com dan Nissan.net kepada mereka.
Sebagai perusahaan otomotif yang memiliki nama besar, tentunya Nissan Motor pantas merasa 'kecolongan' dengan adanya domain nissan yang ternyata bukanlah diisi dengan produk otomotif melainkan dengan produk komputer. Nissan Motor merasa perlu memperbaiki hal ini, karena sebagai brand besar mereka tidak mau konsumen menjadi bingung dengan line produk bisnis mereka. apakah komputer ataukah mobil. Oleh karena itu Nissan Motor yang meng-klaim bahwa mereka memiliki nama besar yang dikenal masyarakat dan mereka tidak mau situs nissan yang ada diisi dengan produk komputer bukannya dengan produk mereka.Secara etika, Uzi Nissan terlebih dahulu mendaftarkan domain tersebut, sehingga seharusnya yang memiliki nama tersebut adalah Uzi Nissan. Hingga adanya penulisan ini, pertikaian masih terjadi antara kedua pihak Nissan ini. Berikut capture screen jika kita mengetik www.nissan.com pada browser.
4. Apakah keputusan pengadialn adil kepada setiap pihak dan masyarakat umum.
Keputusan pengadilan cukup adil dan pengadilan mengambil solusi win-win melalui final judge dokumen yaitu :
Posting Commercial content at nissan.com & nissan.net :
- Posting advertising (and permitting advertising to be posted by third parties) at nissan.com & nissan.net
- Posting disparaging remarks or negative commentary regarding Nissan Motor Co., Ltd. or Nissan North America, Inc. at nissan.com and nissan.net
- Placing, on nissan.com or nissan.net, links to other website containing commercial content, including advertising, and
- Placing, on nissan.com or nissan.net, links to other websites containing disparaging remarks or negative commentary regarding Nissan Motor Co., Ltd. Or Nissan North America Inc.
Namun, akan lebih baik lagi jika pengadilan tetap memonitor progress dari final judge dokumen tersebut dengan online companion secara berkesinambungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar